target apbd perubahan 2019

Evaluasi Target Pendapatan untuk Penyusunan APBD Perubahan Tahun 2019

Sebagai tahapan awal penyusunan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019 Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pacitan mengadakan Evaluasi terhadap target Pendapatan Asli Daerah. Selain sebagai Organisasi Perangkat Daerah Penghasil Pajak Daerah, Bapenda berfungsi sebagai koordinator Pendapatan Asli Daerah.

Evaluasi tersebut ditujukan untuk meningkatkan dan menyesuaikan potensi pendapatan daerah sehingga diharapkan realisasinya akan tercapai sesuai dengan potensi pada saat perencanaan. Dari hasil penyesuaian target tersebut target pendapatan asli daerah diusulkan naik sebesar 20 persen, dari target induk 166 miliar menjadi 199 milyar di target perubahan.

Dari beberapa sektor pendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) beberapa diantaranya mengalami kenaikan diantaranya Pajak Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan dan Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah. Sedangkan Retribusi Daerah khususnya dari Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga mengalami penurunan hal ini dikarenakan adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit Hepatitis di wilayah Sudimoro dan Ngadirojo. Hal ini cukup berdampak terhadap menurunya kunjungan wisatawan ke obyek-obyek wisata unggulan pacitan.

 

Evaluasi Target Pendapatan untuk Penyusunan APBD Perubahan Tahun 2019

You May Also Like